About

Wednesday, December 25, 2013

TIPS HEMAT CETAK FOTO KE STUDIO

Ilmu ini saya dapatkan dari saat saya bekerja di studio foto di Surabaya. Waktu itu banyak agen agen yang mencetak hasil fotoannya dengan triknya. pikir saya" Wah pinter juga nie orang-orang harusnya bayar 4000 malah cuma 1200 rupiah". Kok bisa??? , Coba Simak Penjelasan berikut.



Anda mau cetak pas foto mungkin untuk keperluan administrasi yang biasanya ukuran 3x4 atau 4x6 dll. nah saya ambil contoh anda mau cetak foto ukuran 3x4, dan butuh cetakan 5 lembar jadi. Maka anda siasati dengan membuat file baru di pothoshop/sejenisnya dengan ukuran 4r atau 10,16 x 15,24 cm dan ternyata lebar ukuran 4r muat untuk 8 foto ukuran 3x4. maka nantinya setelah anda mencetak 4r akan mendapatkan foto sebnyak 8 tapi anda gunting sendiri. (resiko). Karena jika anda mencetak fotonya dengan membawa file yang belum diedit seperti trik ini maka anda akan dikenakan biaya cetak minimal kalau 3x4 harus satu paket dan anda akan dapat 8 lembar dan itu biayanya Rp. 4000 . mending anda edit dan cetaklah ukuran 4r.

ini sudah saya buktikan pengiritan yang luar biasa. karena waktu itu saya pernah cetak foto yang harusnya mengeluarkan dana Rp.160.000 hanya menjadi Rp.48.000 Tenang aja, pemilik studio foto tidak akan memarahi anda karena itu sudah rejekinya bagi yang ngerti trik ini. 

ini contohnya bisa anda download atau bila anda tidak mau ribet bisa tinggal diedit foto berikut untuk keperluan anda


atau ikuti langkah langkah berikut :
1. Buka pothoshop
2. buat file baru dengan ukuran height : 10,16 dan wide : 15,24 resolusi 300 pixel/inch
3. open/buka file/foto anda yang mau dicetak
4. setelah itu crop foto anda sedemikian rupa sehingga tampak layaknya pas foto(setengah badan) dengan   ukuran 3x4 cm resolusi 300 pixel/ inch
4. setelah dicrop masukkan fotonya ke lembar yang anda buat tadi
5. di tata  atas 4 bawah 4
6. save menjadi file jpg. 
7. silahkan dicetak ke studio dan bilang mbak/mas/pak ini dicetak 4r
8. maka anda akan mendapatkan pengiritan yang lumayan.

hahaha sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf , semoga bermanfaat. jangan lupa tinggalkan komen ya...!!




0 komentar:

Post a Comment