About

Wednesday, August 27, 2014

RENCANA PENGEMBANGAN LABORATORIUM JANGKA PENDEK

Langkah-langkah Program Kegiatan Reguler
Sasaran program laboratorium IPA di tahun 2014-2015 sebagai konsekuensi logis dari pengembangan tersebut yaitu penataan kembali aspek-aspek yang masih dianggap relevan dan penting, serta menambahnya yang meliputi :
1.    penataan kembali jadwal.
2.    penataan tempat dan bahan praktikum
3.    penetapan target evaluasi pratikum yang baru
4.    perubahan jumlah materi atau judul praktikum (sesuai dengan buku paket
       pegangan siswa/ guru)
5.    mengevaluasi kebutuhan peralatan dan bahan
6.    menata kembali administrasi laboratorium.
7.    pengamanan / perawatan peralatan.

1.    Penataan kembali jadwal.
       Penataan kembali jadwal ini sangat penting, digunakan sebagai pedoman kegiatan baik     reguler       maupun non reguler (KIR). Penataan ini difokuskan pada penambahan porsi / jumlah praktikum di semua mata pelajaran IPA di seluruh tingkat termasuk sekarang pada pelajaran IPA yang diberikan pada tingkat SLTP sudah ada pelajaran Kimia.

2.    Penataan tempat dan bahan praktikum.
Penataan tempat dan bahan praktikum sangat penting khususnya untuk mengecek setelah praktikum dan untuk persiapan praktikum baru. Untuk bahan kimia disediakan ruangan khusus dan ditata berdasarkan jenisnya asam/ basa didalam rak. Untuk alat-alat prakteklainnya ditempatkan dalam loker dengan diberi kode untuk masing-masing mata pelajaran. ( K untuk Kimia, F untuk Fisika, B untuk Biologi dan U untuk umum )

3.    Penetapan target evaluasi yang baru.
Penetapan target yang baru penting dilakukan agar seluruh hasil kegiatan di lab. IPA dapat di monitoring dengan baik. Target evaluasi ini meliputi komponen-komponen yaitu meliputi agenda/jurnal harian di tiap mata pelajaran, penanganan laporan yang tuntas, dan sistem penilaian hasil pratikum ( berupa laporan ataupun hasil kerja yang sesuai prosedur ).

4.    Perubahan jumlah materi atau judul praktikum.
Perubahan ini disamping sebagai patokan dalam merencanakan pengadaan kebutuhan alat dan bahan praktikum, tapi juga sebagai acuan tentang apa yang akan dilakukan dalam praktikum, sesuai dengan tuntutan perkembangan saat ini yaitu peningkatan akselerasi kegiatan (volume praktikum) secara otomatis akan membawa dampak penambahan materi atau judul praktikum yang akan dilakukan.

5.    Mengevaluasi pengadaan kebutuhan peralatan dan bahan.
Hal lain yang tidak kala pentingnya adalah evaluasi tentang kebutuhan peratalan dan bahan praktikum yang disesuaikan dengan peningkatan akselerasi kegiatan. Hal ini akan disesuaikan dengan perubahan (penambahan) materi / judul praktikum, dan hal ini harus sudah direalisasikan paling lambat 1-2 bulan setelah tahun pelajaran 2014/2015 dimulai

6.    Penataan administrasi laboratorium.
Pengembangan fisik lab.IPA juga membawa dampak penataan kembali administrasi laboratorium IPA, meliputi administrasi praktikum berupa jurnal kegiatan, format laporan dan pengumpulannya, prosedur peminjaman alat, dan pengarsipan surat keluar dan masuk, program kegiatan

7.    Pengamanan / perawatan peralatan.
Pengamanan dan perawatan peralatan yang ada di laboratorium merupakan satu rangkaian kegiatan yang berlangsung saling terkait, selama ini kegiatan ini hanya terbatas dilakukan oleh petugas lab. saja terutama pengamanannya, tapi ke depan haruslah dimulai dengan menyadarkan secara adaministratif bahwa sebelum dan sesudah pemakaian peralatan guru-guru benar-benar tahu kondisi bahan dan peralatan yang telah dipakai, yang selama ini masih kurang.


1 komentar: