About

Sunday, February 3, 2013

Membuat Film Kartun / Animasi dengan Mudah

Aku mau berbagi tentang pembuatan film animasi tingkat dasar tapi hasilnya sudah cukup lumayanlah. nanti bisa di kembangkan sendiri menurut kemampuan kita masing-masing. membuat kartun itu mudah. hal pertama yang dilakukan dalam pembuatan animasi adalah menggambar. untuk awal gambarlah bentuk-bentuk sederhana misalnya gambar orang. untuk kartun gambar yang diperlukan adalah banyak sekali. jadi kita harus menggambar sebanyak mungkin gerakan-gerakan. semakin banyak semakin detail dan semakin hidup hasil karya kita. misalnya gambar orang berjalan untuk menggambar orang berjalan kita harus menggambar sekitar 9 gambar itupun masih sedikit kaku. jadi dikira-kira saja seberapa kemauan kita untuk menggambar mau yang slow dengan hasil maximal. atau gambar sedikit tapi hasilnya kurang maximal. , ya itu jadi kalau sudah kita persiapkan gambar-gambarnya. trus kita masukkan hasil gambar kita ke media atau software untuk membuat animasi. kalo disini saya memakai macromedia flash (Sekarang adobe flash kalo gak salah) . terserah kita mau gambar secara komputerise atau manual. tapi kalau manual kita harus scan gambar tersebut satu persatu. semua terserah anda. Trus selanjutnya gabungkan gambar-gambar tersebut dengan software pembuat animasi. kalu sudah tinggal export sesuai keinginan kita dalam bentuk / format video.

kalau mau penjelasan lebih detail banyak kok blog/web tutorial tentang pembuatan animasi step by step. ikuti aj langkah-langkahnya. yang penting adalah keinginan keras untuk menyelesaikan suatu film yang sudah direncanakan. semakin banyak kita berlatih semakin lihai pula kita dalam membuat animasi. saran saya banyak banyaklah berlatih sehingga anda akan menjadi animator terkenal amin..., akupun harus banyak berlatih lagi untuk memaksimalkan hasil-hasil karya saya. hasil karya saya ini adalah opening dari sebuah film "Fallin' In Love" jadi saya gak perlu repot - repot isi suara. tinggal ngepasin aj adegan-adegannya. menurut saya tahap untuk belajar yang efektif adalah merubah semua tampilan film menjadi kartun.... hal ini untuk melatih kira-kira adegan apa saja yang di gambar dalam pembuatan kartun/animasi. Kalau mau lihat hasil karya saya tonton video animasi berikut. Sekian dari saya Ot ^_^








0 komentar:

Post a Comment